Minggu, 14 Juli 2019

Sebuah alasan untuk tidak membersihkan Telinga Kita? Apaaa itu?

Think Again - Apakah kamu sering membersihkan Telinga dengan Cotton Bud atau pembersih Telinga? Apakah kamu merasa nikmat dan ketagihan? Ternyata kegiatan itu sangat membahaya. Apalagi, Telinga sebenarnya tak perlu dibersihkan.
Memang ada sensasi tersendiri ketika membersihkan Telinga dengan Cotton Bud. Ada sesuatu yang bersifat relaksasi dan sensasi sendiri. Tapi, dokter menyatakan aktivitas tersebut ternyata bisa berbahaya bagi mereka yang melakukannya.
“Itu sama seperti menggaruk sesuatu yang gatal di kulit,” ungkap Lim Keng Hua, konsultan Telinga, hidung dan tenggorok dari ENT Specialist Clinic Singapura, dilansir AkuratHealth dari Channel News Asia pada Senin, (15/7).
“Semakin kamu menggaruknya, rasanya sangat menyenangkan,” ungkapnya.
Ternyata, membersihkan Telinga menstimulasi pusat otak untuk menerima Dopamine dan mengakibatkan orang merasakan kesenangan tertentu. Pada kesempatan yang sama, aktivitas itu juga menganggu bagian Telinga.
Ketika Telinga terlalu sering dibersihkan, maka Telinga tidak lagi bisa menghasilkan minyak yang sebenarnya digunakan untuk membersihkan Telinga secara alami.
“Ketika kita mengalami stres, kita menghasilkan banyak minyak,” ujar Lim.
Masih berani mengorek-ngorek?[]


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar