Kamis, 18 Juli 2019

Duduklah! Makan Sambil Berdiri Berbahaya Buatmu

Think Again - Para peneliti telah menemukan bahwa Makan dalam keadaan berdiri bahkan hanya beberapa menit saja, bisa memicu stres fisik dan menghilangkan selera.
Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research ini menemukan bahwa postur tubuh mempengaruhi persepsi rasa. Rasa Makanan yang lebih baik adalah saat kamu duduk.
Para peneliti melihat secara khusus bagaimana indera vestibular yang bertanggung jawab untuk keseimbangan, postur dan orientasi spasial, berinteraksi dengan sistem sensorik gustatory, yang memengaruhi rasa.
"Temuan ini menunjukkan bahwa orang tua mungkin dapat membuat Makanan sehat yang rasanya tidak enak, tapi terasa lebih enak bagi anak-anaknya dengan meminta mereka Makan sambil duduk. Sedangkan postur berdiri sebaiknya ketika mengkonsumsi produk farmasi yang memiliki rasa tidak enak," kata ketua penulis studi, Profesor Dipayan Biswas, di University of South Florida, AS.
Tim peneliti juga menemukan bahwa gaya gravitasi mendorong darah ke bagian bawah tubuh. Ini menyebabkan Jantungbekerja lebih keras untuk memompa darah kembali ke bagian atas tubuh, sehingga mempercepat detak Jantung.
Ini mengaktivasi aksis hipotalamus-hipofisis adrenal (HPA) dan menyebabkan peningkatan konsentrasi hormon stres kortisol.
Reaksi berantai ini mengurangi sensitivitas sensorik, yang memengaruhi evaluasi rasa Makanan dan minuman, persepsi suhu Makanan, dan volume konsumsi keseluruhan.
Ketika orang mengalami ketidaknyamanan, Makanan yang biasanya terasa enak akan tampak tidak menyenangkan bagi selera, kata para peneliti ini.
Tim peneliti mengonfirmasi hipotesis mereka dengan meminta 350 peserta menilai tingkat kepekaan pita chip. Mereka yang berdiri, memberikan peringkat yang kurang menguntungkan dibandingkan mereka yang duduk di kursi empuk saat Makan.
Mereka memperluas studi dengan menimbulkan stres tambahan dan meminta peserta untuk mencoba Makanan ringan sambil membawa tas belanja. Peserta duduk dan berdiri melaporkan berat tambahan membuat rasa Makanan menjadi buruk.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar