Minggu, 14 Juli 2019

Nah ini sebuah bisnis yang akan menguntukan untuk Ibu-Ibu rumah tangga nih!

Think Again - Setelah menikah dan punya anak, tak sedikit para ibu yang akhirnya dihadapi dengan pilihan cukup sulit. Melanjutkan karier atau mengurus segala kebutuhan keluarga di rumah namun tetap produktif lewat usaha sampingan?
Kalau keadaan kamu tidak memungkinkan lagi untuk bekerja 8 jam sehari di kantor karena harus fokus mengurus anak, tak masalah. Menjadi Ibu Rumah Tangga tidak menutup kesempatan untuk tetap produktif, lantaran banyak usaha sampingan yang dapat ditekuni. Bahkan penghasilan yang didapat pun bisa tak jauh berbeda dengan pekerja kantoran.
Ragu karena belum pernah bergelut di dunia usaha sebelumnya? Jangan khawatir. Beberapa ide usaha sampingan yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini sudah cocok untuk kamu yang pemula. Modalnya pun tak perlu banyak-banyak. Mari disimak! 
1. Makanan kemasan
Ide bisnis rumahan Ibu Rumah Tangga yang pertama sudah pasti tak jauh-jauh dari yang namanya memasak. Kenapa tidak membuka catering saja?
Catering membutuhkan waktu memasak yang lebih lama sehingga pasti akan menyita waktumu. Cobalah untuk berbisnis makanan kemasan, seperti sambal kemasan, rendang kemasan, kue kering, keripik, atau aneka makanan beku.
2. Freelance writer/translator
Saat ini banyak perusahaan digital yang membutuhkan jasa penulis lepas atau penerjemah untuk kebutuhan promosi brand mereka. Jika kamu memiliki kemampuan menulis dan baik itu artikel ataupun review yang baik, usaha sampingan ini akan sangat cocok.
Tentu juga harus bisa menguasai salah satu bahasa asing. Modal yang kamu butuhkan pun sederhana, hanya laptop dan kuota internet saja. Untuk menemukan job ini, kamu dapat mengeceknya secara berkala di beberapa website freelancer Indonesia.
Biasanya kamu akan diupah berdasarkan rate yang kamu pasang bila sudah berpengalaman atau berdasarkan traffic pada performance artikel itu sendiri nantinya.
3. Menjadi reseller pakaian
Bisnis reseller pakaian memang menjadi bisnis Ibu Rumah Tangga yang paling banyak digemari karena tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup berbekal handphone dan internet saja, kamu sudah bisa mendapatkan uang. Berhubung persaingan di bisnis ini sangat ketat, cobalah untuk menjual pakaian yang lebih spesifik. Misalkan pakaian khusus kantor, kebaya, gaun pesta, atau pakaian rumah.
4. Bisnis mainan dan perlengkapan anak
Buat kamu yang sudah memiliki buah hati, membuka bisnis mainan dan perlengkapan anak bisa kamu pertimbangkan berhubung teman-temanmu juga pastinya sudah banyak yang memiliki anak sepertimu. Untuk mainan, cobalah untuk menjual mainan edukatif yang sedang jadi tren saat ini.
5. Menjual barang untuk dekorasi rumah
Suka mendekorasi rumah? Bagaimana jika kamu menjual barang-barang untuk dekorasi rumah seperti gorden, taplak meja, sarung bantal, penutup kulkas, sarung ricecooker, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, cobalah untuk melakukan dekorasi ruangan yang ada di rumah menggunakan barang daganganmu, lalu foto dan promosikan di sosial mediamu.
6. Makeup artist
Masih berkaitan dengan skill, kamu yang memiliki minat besar di dunia makeup bisa mencoba usaha sampingan ini. Ketika menjadi makeup artist, biasanya jam kerja Kamu hanya akan banyak di akhir pekan. Sebab kebanyakan acara seperti pernikahan, lamaran, atau ulang tahun, pasti tidak ada yang diselenggarakan pada hari biasa.
Jam kerja tersebut tentu merupakan nilai plus bagi Kamu. Meski sudah banyak makeup artist ternama di luar sana, Anda tidak perlu minder.
Mulai dari lingkup yang kecil terlebih dahulu, seperti makeup untuk bridesmaid teman terdekat kamu. Jika mereka suka, percayalah akan kekuatan promosi dari mulut ke mulut. Lama kelamaan jasa kamu bisa semakin dipercaya. Asalkan rutin melatih keahlian makeup dan menerapkannya kepada klien sesering mungkin.
7. Bisnis tanaman hias
Sekarang tanaman hias tak lagi dipajang di luar rumah, tapi juga di dalam rumah. Jadikan ini sebagai peluang bisnis untuk Ibu Rumah Tangga jika kamu memiliki keahlian merawat tanaman. Selain tanaman hias, kamu juga bisa menjual tanaman hias jenis herbal yang bisa digunakan untuk keperluan dapur.[] .

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar