Kamis, 18 Juli 2019

Makan dengan Tangan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini Penjelasannya

Think Again - Makan dengan tangan dipercaya bisa menyehatkan jasmani sekaligus rohani. Itu sebabnya masyarakat di sebagian Benua Asia masih menggunakan cara makan ini, termasuk Indonesia.
Selain Indonesia, warga India juga lebih memilih makan dengan tangan. Pasalnya, manfaat makan dengan tangan sudah dijelaskan dalam teks Ayurweda.
Dilansir dari India Times, dalam teks Ayurweda dijelaskan kalau setiap jari mewakili salah satu dari lima elemen alam. Ibu jari mewakili ruang. Itu sebabnya anak-anak yang belum bisa mengunyah cenderung mengisap ibu jarinya. Cara alami itu bisa membantu kerja pencernaan.
Sementara itu, jari telunjuk mewakili uadara, jari tengah mewakili api, jari manis mewakili tanah, dan jari kelingking mewakili air. Ketidakseimbangan salah satu elemen ini bisa menyebabkan penyakit atau gangguan fungsi tubuh.
Saat makan dengan tangan, biasanya jari-jari disatukan saat menyuapkan makanan ke dalam mulut. Jadi, bisa dikatakan kelima jari dipakai untuk 'memakan' makanan. Di saat itulah, kelima elemen pada jari ikut memberi energi pada makanan dan membantu menjaga keseimbangan 'prana' (energi).
India Times pun menyebut mereka yang punya pencernaan yang lemah disarankan untuk makan dengan tangan. Pasalnya, ujung jari merupakan salah satu bagian tubuh dengan indra perasa (peraba) terkuat. Saat menyentuh makanan dengan tangan, otak langsung mengirim sinyal pada perut bahwa kita akan makan. Akibatnya, perut akan mempersiapkan diri untuk mencerna makanan yang akan diterimanya. Itu sebabnya pencernaan akan jadi lebih sehat.
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Nutrition, ditemukan bahwa mereka yang menderita diabetes tipe 2 cenderung makan terburu-buru dan lebih suka memakai alat makan. Jadi, jika Anda merasa selama ini makan terlalu cepat, cobalah tinggalkan sendok-garpu Anda dan fokus makan dengan tangan.
Selain itu, makan dengan tangan akan membuat Anda cepat merasa kenyang sehingga porsi makan akan jadi lebih sedikit. Itu sebabnya makan dengan tangan juga bagus untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.
Namun, pastikan kuku Anda tidak panjang dan cuci tangan sampai bersih sebelum makan. Jika tidak, bukannya sehat, Anda justru bisa terserang penyakit.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar