Rabu, 11 September 2019

Simon McMenemy Pasang Badan Untuk Andritany Yang Menjadi Sasaran Kritikan

Think Again - Tim Nasional Indonesia kembali harus menelan kekalahan di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Selasa (10/9) malam. Saat berhadapan dengan Thailand, tuan rumah kalah telak dengan skor akhir 0-3.
Kekalahan ini pun membuat para pendukung makin gencar melontarkan kritik yang ditujukan pada Andritany Ardhiyasa selaku penjaga gawang sekaligus kapten Timnas Indonesia. Tapi situasi tersebut kemudian memancing Simon McMenemy sang pelatih kepala untuk berkomentar. Ia mengatakan bahwa apa yang dilakukan para pendukung itu adalah hal yang tidak pantas.
"Cemoohan untuk Andritany? Itu tidak pantas, hal itu sangat disayangkan," buka Simon McMenemy saat konferensi pers usai laga di SUGBK, Selasa (10/9) malam.
Lebih lanjut, sang pelatih juga menjelaskan bahwa kritik tak seharusnya ditujukan pada satu pemain. Tapi karena ini adalah tim, maka jika ada kesalahan, hal tersebut adalah kesalahan seluruh tim.
Pelatih asal Skotlandia itu juga mengatakan bahwa situasi ini memang membuat timnya merasa frustasi, tapi ia tahu betul bahwa menyalahkan Andritany untuk hasil kurang memuaskan bukanlah hal yang tepat. Apalagi, ia sadar bahwa kiper yang juga bermain di Persija Jakarta itu pasti punya pengalaman yang bisa diandalkan ketika harus bermain di laga-laga yang cukup besar.
"Bukan hanya Andritany saja, tapi ini tanggung jawab semua. Bukan cuma dia yang di bawah tekanan, tapi juga semuanya. Dia kiper Persija dan sudah sering main dengan stadion penuh. Tak ada masalah soal mental dan performanya," tambah sang pelatih.
Sebelumnya diketahui bahwa belakangan Andritany memang jadi buah bibir dalam konotasi yang negatif. Hal ini terjadi karena dalam dua laga awal di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022, ia sudah kebobolan enam kali.
Dimana tiga gol pertama terjadi di laga perdana saat menjamu Timnas Malaysia dengan skor akhir 2-3 Kamis (5/9) pekan lalu. Kegagalan Andritany dalam menyelamatkan gawangnya juga terjadi di laga kontra Timnas Thailand, Selasa (10/9) malam tadi, dimana tuan rumah ditaklukan tanpa balas 0-3 oleh tim tamu.
Meski sadar bahwa situasi ini membuat para pendukung kecewa, tapi McMenemy tak setuju dengan sikap pendukung yang melontarkan cibiran untuk.oenjaga gawangnya. Menurut sang pelatih, banyak hal positif yang sudah dilakukan oleh kiper berusia 27 tahun itu untuk Timnas Indonesia.
"Kiper itu posisi paling sulit dalam sepakbola. Dia bisa bikin banyak penyelamatan, tapi saat membuat satu kesalahan, dia jadi bahan cemoohan. Kadang dia pahlawan, kadang dia langsung dicaci. Saya rasa dia tidak layak mendapat boo (sorakan cibiran) tadi, bagaimanapun dia telah berbuat banyak juga untuk timnas," tandasnya.[]

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar