Selasa, 16 April 2019

5 Tips Mudah Cegah Lemot pada Windows

Think Again - Perangkat komputer yang berkinerja lambat atau lemot memang menyebalkan. Selain membuat tak nyaman, hal tersebut bisa mengganggu produktivitas pengguna yang pekerjaannya mengandalkan PC.
Meskipun merupakan sistem operasi yang populer dan hebat, platform Windows juga tak luput dari masalah lemot ini. Nah, berikut ini lima langkah mudah untuk memastikan kinerja PC Windows berjalan dengan baik dan tidak lemot.
Hapus program yang tidak diperlukan
Salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja PC. Semakin banyak program yang dijalankan, semakin besar potensi PC menjadi lebih lama melakukan booting dan bahkan menimbulkan masalah seperti lag atau crash.
Bersihkan sampah PC dengan CCleaner
CCleaner adalah aplikasi atau perangkat lunak ringan yang dapat digunakan untuk membersihkan cookieregistri, dan defragmentasi (file-file sampah).
Pastikan PC bebas dari malware
Kebanyakan dari kita hanya fokus pada virus dan trojan. Padahal, malware adalah alasan paling umum di balik PCWindows yang melambat. Platform PC Windows sangat rentan terhadap ancaman malware.
Gunakan Windows Defender inbuilt untuk mengatasi masalah malware dengan cepat dan efektif.
Memori virtual
Kelemahan bagi PC yang memiliki memori rendah, cara paling cepat tentu dengan menambah kapasitas RAM. Cara lainnya adalah dengan menggunakan perangkat penyimpanan dari SSD atau HDD untuk digunakan sebagai memori virtual. Kinerja PC dapat ditingkatkan secara signifikan.
Bermigrasi ke SSD
Terakhir, cara terbaik untuk meningkatkan kinerja PC adalah dengan meng-upgrade ke Solid State Drive (SSD). Tak hanya akan mempercepat kinerja, tetapi juga membuat kinerja menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar